perbedaan antara Insan dan Basyar Versi kh.Zezen ZA Bazul Asyhab



INSAN DAN BASYAR 

Dalam istilah Bahasa Arab,ada yang disebut insan dan basyar,keduanya memiliki arti MANUSIA.Bedanya adalah insan itu manusia mencakup unsur Dzohir dan Bathin (jasad dan Ruh).
Sedangkan Basyar hanya jasad saja.Diantara sifat Basyar adalah makan,minum,tidur,berhubungan badan dll.

Saudaraku,untuk melakukan perjalanan Ruh menuju Allah anda harus belajar sedikit demi sedikit keluar dari ke-basya-ran anda.Untuk itu ada sebagian orang yg melakukan ini secara totalitas,misalkan selama 40 hari/malam tidak makan dan minum yg sering dikenal dengan mati Geni.Hal tersebut merupakan salah satu upaya mengurangi sifat kebasyaran tadi.

Untuk seperti itu kita belum mampu,maka puasa pindah makan dulu aja selama 40 hari,nanti bergeser lagi kepada puasa tarku dzirruh ( tidak makan yang asalnya punya Ruh),bergeser lagi kepada saum mutih.Rata rata para wali ditanah jawa  shaumnya 30 tahun.Mama kyai haji dimyati Cadasari yang saya dengar shaumnya 30 tahun,sesepuh pesantren Al husainiyyah Ciparay Bandung Shaumnya 32 Tahun.

Jadi bagi orang yang sudah merindukan kedekatan dengan Allah,maka shaum tidak lagi menjadi beban,bahkan menjadi sebuah kenikmatan. Apasih Tujuan nya??Dsari dengan dua saja dulu: Tobat dan Syukur.Karena dosa kita maha banyak dan nikmat Allah maha luas.

Keluarlah dari segala kesenangan basyariayah mu,kalaupun masih suka,yaa jangan terlalu sering,paling sedikit ada shaum senin-kamisnya,kalau malam ada waktu buat Tahajudnya,jangan hidup mengejar puas.Jangankan puasa bertahun tahun seperti para wali,senin kamis saja malas.malam hari bagusnya bangun jam 2,lebih leluasa untuk shalat.

Kalau anda sudah mencoba mengendalikan nafsu,mengurangi kebasyariahan,maka anda akan lebih mudah mendengar panggilan dari Allah,dan lebih dekat kepadanya.

wallahu a'lam...

Related Posts

Post a Comment