APA ITU ZUHUD ??


APA ITU ZUHUD ??


Zaahidadalah orang yang Zuhud.Zuhud yaitu yang menjaga qolbunya dari cinta dunia.sedangkan Roghib adalah orang yang qolbunya cinta terhadap dunia. Ketika dalam qolbu ada cinta terhadap dunia maka ini yang akan mendorong kepada beramal ingin imbalan,dipuji dan dihormati manusia,saat itu rusaklah keikhlasan dalam beramal.

Sebagian orang masih memahami Zuhud dengan anti Dunia,harus miskin,rumah jelek,baju lesuh,makan nasi tanpa lauk pauk atau cuman makan daun-daunan.Ini pemahaman yang keliru.Zuhud bukan soal punya atau tidak punya,tapi lebih melihat kepada penggunaan.Ketika seseorang punya harta yang banyak,kemudian disyukuri dan digunakan untuk beribadah,berjuang menegakan agama Allah,mak Zuhud lah ia,Sebaliknya orang yang miskin harta,namun harta yang ada (walau sekecil apapun) tidak disyukuri dan tidak dipakai beribadah,makai a tidak tergolong Zuhud walaupun Miskin.
Dalam sebuah hadits disebutkan,bahwa ada 10 sahabat yang dijamin masuk Surga,yaitu:
1.       Sayyid Abu Bakar as Syiddiq
2.       Sayyid Umar ibn Khottob
3.       Sayyid Utsman ibn Affan
4.       Sayyid Ali Ibn Abi Thalib
5.       Sayyid Tholhah ibn Abdulloh
6.       Sayyid Zubair ibn Awwam
7.       Sayyid Sa’ad ibn abi Waqosh
8.       Sayyid Sa’id ibn Zaid
9.       Sayyid Abdurrohman Ibn Auf
10.   Sayyid Ubaidillah ibn Jarroh


Dari 10 orang tersebut diatas,kebanyakan orang kaya.Diantaranya bias kita lihatdari sejarah,menurut sebagian sumber Sayyid Utsman bin Affan pernah membeli sumber mata Air “Raumah” di Madinah yang Air nya jernih dari seorang yahudi seharga 20.000 dirham (sekitar Rp 5 Milyar). Kemudian sumber Air tersebut  diwakafkan untuk kepentingan kaum muslimin,karena saat itu kaum musimin sedang kekurangan air bersih.Ia juga pernah menyumbangkan 1000 Ekor Unta ( sekitar Rp 10 Milyar). Dan 70 ekor Kuda ditambah 1000 dirham untuk kelancaran perang Tabuk.
Sayyid Tholhah dijuluki “Al Fayyadh” (yang sangat banyak infak nya) oleh baginda Nabi,ia pernah meng infak kan hartanya sebesar 300.000 dirham (Rp 18 Milyar).
Abdurrahman bin auf,dikenal sebagai pedagang yang tidak pernah rugi.beliau yang pernah menyumbangkan 4000 dinar (sekitar 4,250.000.000),hampir mencapai separuh hartanya saat itu.Ia juga pernah menyerahakan 500 ekor kuda (sekitar Rp 5 milyar) untuk kelengkapan perang umat islam.
Kalau Zuhud di identikan dengan Miskin,berarti para shohabat yang disebut diatas tidak Zuhud? Mana mungkin mereka dijamin masuk syurga?. Yang tidak boleh itu bukan punya dunya (kaya harta)Tapi cinta dunia sehingga tertipu dunia.sedangkan letaknya cinta itu dihati.Tanda tertipu bagaimana?  Yang tadi disebutkan,bahwa hartanya tidak disyukuri dan tidak digunakan untuk beribadah. Maka dunia jangan sampai masuk dan menguasai hati,simpan saja ditangan.
Dalam hal ini,Manusia bisa diklasifikasikan menjadi 4 tipe.
1.       Orang tidak cinta harta,namun kaya raya
2.       Orang tidak cinta harta ,juga miskin harta
3.       Orang cinta harta,juga kaya raya
4.       Orang cinta harta,namun miskin harta
Tip eke 1 dan 2 termasuk Zuhud, sedangkan yang ke 3 dan ke 4 bukan tipe Zuhud walaupun miskin.
Harus di ingat , Miskin bukan tanda kesholehan, karena di dalam Al-quran pun dari surat Al-fatihah sampai surat Annas,tidak ada yang menyebutkan tanda tanda orang yang beriman,atau orang sholeh harus miskin.Sekali lagi yang ada itu jangan tertipu oleh harta/ dunia.

Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment