USHUL(Dasar-dasar) ISLAM,IMAN,DAN IHSAN merupakan pokok-pokok agama islam

Post a Comment


Ushul adalah jama' dari kata "ashl" dan ashl itu adalah kokoh. Sesungguhnya hati itu adalah pokok dan sisanya yang lain (anggota badan) adalah pengikutnya.

Adapun yang dimaksud ashl di sini adalah pokok-pokok agama yang tiga yaitu Islam, Iman, lhsan. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Umar ra. la berkata:
Artinya: "Ketika kami pada suatu hari sedang duduk-duduk bersama Nabi, kemudian muncul dihadapan kami seorang laki-laki dengan menggunakan pakaian yang sangat putih, rambutnya sangat hitam, dan tidak kelihatan bekas perjalanannya. Tidak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya, hingga ia duduk di hadapan Nabi dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha beliau, kemudian dia berkata , "Ya Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam?", kemudian Rosul bersabda,  "Islam adalah hendaklah engkau bersaksi bahwn tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, puasa di bulan Romadlon, dan menunaikan ibadah haji ke Baitulloh bila engkau mampu". Laki-laki itu berkata, "Engkau benar, kemudian beritahukan aku tentang iman ?" Beliau bersabda, "Iman adalah hendaklah kamu beriman kepada Alloh,malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan hendaklah engkau beriman kepada ketentuan Allah yang baik ataupun yang buruknya'", laki-laki itu berkata, "Engkau benar, beri tahukan kepadaku tentang Ihsan?" Beliau bersabda, "Ihsan adalah hendaklah kamu menyembah Allah seakan-akan engkau mellhat-Nya, jika kamu belum melihat-Nya maka yakinlah bahwa Dia melihatmu."
 Islam, iman, dan ihsan merupakan pokok-pokok agama Islam. Seorang sufi berkata: "Barang siapa yang menghilangkan ushul (pokok-pokok agama), maka haram baginya Wushul (sampai kepada Alloh)".

Dua kalimat syahadat merupakan yang pokok dari rukun Islam. Karena itu apabila kesaksiannya tidak benar, karena kesaksian hanya di atas lisan saja, seperti kesaksian orang-orang munafiq yang hanya di atas lisan saja, sementara hatinya tidak, maka seluruh rukun Islam Yang Iainnya juga tidak benar, seluruh rukunnya tidak benar maka dia tidak diterima sebagai orang Yang Islam.

Adapun rukun Islam itu dasarnya adalah dzikir. Orang yang
tidak memiliki dzikir maka tidak memiliki rukun Islam, karena itu hendaklah seorang muslim itu berjuang melawan nafsunya guna pendidikan bagi rukun-rukun Islam tersebut,jalan yang sedekat dekatnya dan cara yang semudah-mudahnya serta yang paling utama di sisi Alloh tidak lain adalah dengan dzikir kepada Alloh terus menerus. Untuk memperoleh bentuk dzikir seperti ini, syaratnya adalah dengan mengambil benih dzikir yang sebenarnya dari ahlinya, Yang dia memiliki hati Yang taqwa dan suci dari selain Alloh.

Oleh karena itu, sebagaimana dalam rukun Islam begitu juga Yang terdapat pada rukun-rukun Iman dan Ihsan, yang dasar dari keseluruhannya tidak Iain adalah dzikrulloh. Hakikat dzikir itu tidak dapat diperoleh dengan banyak bicara dan banyak bertanya, akan tetapi diperoleh melalui rasa (dzawq) dan khidmat kepada orang yang telah menanamkan benih dzikir tersebut. Demi Alloh, tidak akan berhasil orang yang telah berhasil itu kecuali dengan khidmat kepada orang yang telah berhasil pula.

Wallahul muafik ila aqwamitthorik
Wassalamualaikum wr.wb
Semoga bermanfaat

Related Posts

Post a Comment