ISLAM MERUPAKAN SALAHSATU MARTABAT WUSHUL KEPADA ALLAH SWT

Post a Comment


Yang dimaksud dengan Islam pada pembahasan ini adalah islam yang merupakan salah satu dari martabat Wusul kepada Allah swt, yaiyu dari martabat yang tiga ,Islam, Iman dan Ihsan.

seorang hamba yang hanya disibukan dengan ibadah-ibadah ,ia berada pada maqam Islam. Sebagai mana Rasulullah SAW bersabda :

Artinya: "Islam itu terang dan jelas. Iman itu di dalam hati".

Islam itu adalah syari'at (aturan) yang dikerjakan dengan anggota-angota badan, atau dengan anggota fisik yang tampak saja. Adapun amalan-amalan yang dikerjakan anggota badan itu diiringi dengan hidupnya hati, yaitu dengan cara membersihkannya dan mengosongkannya dari kejelekan dan menghiasnya dengan kebaikan dan menguatkannya dengan keikhlasan. Maka dengan begitu dia berada pada maqam iman, atau disebut juga dengan maqam tarekat. Sedangkan apabila amalan ibadah itu diniatkan hanya karena Allah dan sampai kepada seakan-akan dia melihatNya, maka ia berada pada maqam Ihsan, atau disebut juga dengan maqam hakikat.

Oleh karena itu, imam Malik ra. pernah berkata: "Barang siapa yang berfiqih namun tidak bertasawwuf, maka ia telah fasiq. Barang siapa bertasawwuf namun tidak berfiqih, maka ia telah zindiq. Dan barang siapa menghimpun keduanya , maka ia telah mencapai hakikat"
Syari'at artinya dimana kamu menyembah-Nya, Tarekat dimana kamu menuju-Nya, dan Hakikat dimana kamu menyaksikanNya. Karena itu, syari 'at tanpa hakikat adalah kosong tiada berisi, tarekat tanpa suari'at adalah batal, dan himpunan syari'at dan tarekat akan menghasilkan hakikat.

dalam sebuah syair dikatakan :

syari 'at berpegang teguh pada agama Kholiq
Dengan mematuhi perin tah dan larangan sudah jelas
Tarekat bertindak dengan sangat hati-hati seperti wara ' dan kemauan yang keras juga riyadloh dan meninggalkan kehidupan dunia Hakikat menyampaikan kepada yang dimaksud
Dan menyaksikan Nur tajalli yang jelas
Siapa yang ingin memperoleh mutiara di lautan
Berlayarlah dan selami lautan
Hingga mutiara pun didapatkan
Begitulah keberadaan tarekat dan hakikat
Yang tanpa syari 'at tidak akan berhasil
Karena itu hiasilah diri yang dzahir ini
Dengan syari 'at yang akan terlihat menyinari hati

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa, dan janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. " (QS. Ali Imran: 102)

Juga dalam firman-Nya: "Sesungguhnya orang-orang yang Islam, yang beriman, yang tetap pada keten tuan-Nya, yang benar, yang sabar, yang khusyu ', yang bersedekah, yang berpuasa, yang berdzikir kepada Allah, dari laki-laki dan perempuan, Alloh telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. " (QS. Al-Ahzab: 35)



Related Posts

Post a Comment