AKHLAQ ISTRI TERHADAP SUAMI




Diantara Akhlaq Istri Terhadap Suaminya diantaranya:

1. Patuh kepada suami (lihat Qs. 4/An-Nisaa : 24). Hadis Rasul menyebutkan: "Jika seorang suami mengajak istrinya ketempat tidur kemudian istri tidak datang kepadanya. Dan suaminya pun marah kepadanya pada malam itu maka istri tersebut dilaknat oleh para malaikat hingga pagi hari" (Muttafaqun 'alaih). Pada hadis yang lain Rasul menjelaskan: "Seandainya aku suruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, maka aku suruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya." (HR. Abu Dawud dan Hakim). Dan pada suatu waktu Rasul pernah menjelaskan: "Dari Ummi Salamah: "Sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda: Barang siapa di antara perempuan yang mati dan ketika itu suaminya suka kepadanya, maka perempuan itu akan masuk surga." (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi). Begitu juga Rasul pernah bersabda: "Empat macam kebahagiaan akan dicapai seseorang, yaitu manakala istrinya sholehah, anak-anaknya abrar (baik-baik), lingkungan pergaulannya baik, dan manakala rizkinya tersedia di negrinya." (HR. Ad-Dailami dari Ali)

2. Berusaha mengatur keuangan keluarga dengan tidak boros, demikian sesuai dengan firman Allah SWT :
Artinya :"Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian."  (Qs. 25/Al-Furqaan : 67)
3. Seorang istri harus menjaga diri dan selalu berusaha berada di  rumah, kecuali apabila ada kepentingan, demikian sesuai dengan  firman Allah SWT :
Artinya:"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya." Qs.33/Al-Ahzaab : 33)
Tentang hal ini, Rasul SAW menjelaskan: "Istri terbaik adalah jika engkau melihat kepadanya maka ia menyenangkan. Jika engkau menyuruh ia taat kepadamu dan jika engkau pergi darinya maka ia menjagamu dengan menjaga dirinya dan hartamu."  (HR. Muslim dan Ahmad)

4. Istri mempunyai kewajiban menjaga rumah dan memelihara anak, demikian sesuai dengan hadis Rasul SAW : "Seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan anaknya." (Muttafaqun 'alaih).

5. Istri selalu bekerja sama dalam ketaatan dan kebaikan dengan suami.

6. Istri hendaknya selalu bersikap dan prilaku yang saleh sehingga tidak mempengaruhi suaminya untuk menjauhi cinta kepada Allah,dzikir,dan beribadah kepada-Nya, bahkan justru sebaliknya (lihat Qs.9/At-taubah:24).

Wallahu a'lam....



Related Posts

Post a Comment